Jumat, 28 Februari 2014

Mengenal Keindahan Bumi Indonesia di Pulau Lombok

Lombok, Squadpost.com—Lembayung senja sore menghiasi langit pantai. Gemuruh ombak dan kibasan angin laut menerpa wajah setiap diri yang menghampiri tepian pantai. Siapa tak kenal Pantai Senggigi, salah satu tempat pariwisata terkenal di Lombok.
Yaya

Letaknya di sebelah barat Lombok, Ibu Kota Mataram. Untuk menempuh perjalanan ke sana kurang lebih kitaran 16 km atau kurang dari satu jam perjalanan. Berlokasi di utara dari Kota Mataram, pantai ini berada di Kecamatan Batulayar, tepatnya berada di Desa Senggigi Lombok Barat.
Memasuki tempat wisata Pantai Senggigi, sepanjang perjalanan kita akan disuguhi bayaknya wisatawan lokal dan mancanegara. Pantai ini menjadi incaran para turis asing setelah mereka mengunjungi Bali. Tak sedikit kita akan menemukan warga asing yang menikah dengan penduduk lokal. Artinya tempat ini memang sudah lama terjadi proses asimilasi, sama halnya seperti di Bali.
Pantai Senggigi hanya salah satu tempat wisata di Lombok. Tempat wisata lainnya tak kalah menarik, seperti Gunung Rinjani, Pulau Gili, dan lainnya. Secara geografis, Lombok terletak pada koordinat 116.351° BT dan 8.565° LS. Lombok merupakan bagian dari gugusan pulau-pulau yang ada di Nusa Tenggara atau yang dulu dikenal dengan nama Sunda Kecil atau Kleine Sunda.
Luas pulau Lombok adalah sekitar 5.435 km². Tempat tertinggi di Pulau Lombok adalah puncak Gunung Berapi Rinjani )tertinggi kedua di Indonesia)yang menjulang pada ketinggian 3.726 m di atas permukaan laut.
Jumlah populasi penduduk Pulau Lombok adalah sekitar 2.722.123 jiwa. Menurut data kependudukan setempat, penduduk asli Pulau Lombok adalah suku Sasak yang dipercaya merupakan keturunan dari suku Jawa. Suku Sasak tersebar di seluruh bagian Pulau Lombok dan mendominasi penduduk secara keseluruhan sampai 85%. Selain suku asli Sasak, Pulau Lombok juga didiami oleh suku Bali, Jawa, Bugis, Banjar, Melayu, Cina dan Arab.
Secara administrasi Pemerintahan Lombok merupakan bagian dari Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan luas 19.708,79 km², yang sebelumnya merupakan bagian dari Provinsi Nusa Tenggara (NUSRA). Pada tanggal 14 Agustus 1958, Provinsi NUSRA dimekarkan menjadi 3 provinsi yaitu Bali, NTB, dan NTT (Nusa Tenggara Timur) berdasarkan Undang-Undang Nomor 64 tahun 1958.
Sedangkan untuk pembagian wilayah pemerintahan di NTB terdiri dari dua kota dan delapan kabupaten yaitu Kota Mataram yang juga merupakan kota madya dan Ibu Kota Propinsi, Kota Bima, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Dompu, dan untuk Lombok terbagi menjadi 4 kabupaten: Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah dan Lombok Timur
Perjalanan di Lombok pada waktu itu lebih banyak dihabiskan di Kabupaten Sumbawa. Karena suku Sasak yang mendominasi di tempat ini, bahasanya pun sama. Bahasa yang sehari-hari sering dipakai oleh masyarakat Lombok ini mempunyai dialeg yang berbeda-beda tergantung dari wilayahnya. Tapi tak jarang, kita akan menemukan bahasa Bali—yang notabene suku terbesar kedua di Lombok.
Berbeda hal nya di Mataram, Kabupaten sumbawa lebih terasa seperti di pedesaan. Pusat kota dan gedung pemerintahanya pun masih terlihat sederhana. Kabupaten Sumbawa tidak berbeda seperti kabupaten pada umumnya, Pulau Jawa misalnya.
Terlepas dari semua itu, Indonesia seringkali menyimpan mutiaranya di tempat-tempat yang jauh. Tempat yang belum pernah disinggahi. Negeri ini memiliki 17.508 pulau dan hanya 6.000 pulau saja yang berpenghuni, tentu ini juga menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi kita untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan tentang negerinya sendiri.

sumber: http://squadpost.com/mengenal-keindahan-bumi-indonesia-di-pulau-lombok/#sthash.7WYLHxcR.dpbs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar