Kamis, 13 Februari 2014

Menelusuri Keindahan Pantai Seri Kenangan Brunei Darussalam

Brunei Darussalam merupakan sebuah negara yang berada di Asia Tenggara dan terletak di sebelah utara Pulau Kalimantan. Negara ini memiliki luas wilayah sekitar 5.765 kilometer persegi dan memiliki jumlah penduduk 408.786 jiwa (sensus 2011). Menurut majalah Forbes negara yang juga tergabung dalam anggota ASEAN tersebut merupakan negara terkaya kelima dari 182 negara karena memiliki ladang minyak dan gas alam yang sangat luas.
Nah ngomong-ngomong soal Brunei nih anak backpacker sekalian.. ada salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi sekaligus menjadi destinasi favorit di Brunei Darussalam. Tempat tersebut adalah Pantai Seri Kenangan.
4349027042_f6b3636fe1_z
Pantai yang memiliki nama lain Pantai Tutong ini merupakan pantai yang terkenal di Brunei Darussalam, banyak warga sekitar yang menghabiskan waktu libur akhir pekan di pantai ini. pantai Seri Kenangan memiliki pasir pantai putih bersih dan ombak laut yang tidak terlalu besar. Di sepanjang pantai terdapat pohon pinus yang berbarus rapi.
Jika bermain di Pantai Tutong, kalian akan menemukan aliran air sungai dan air laut saling bertemu. Sungai Tutong terdapat persis di seelah pantainya. Ini merupakan fenomena unik yang menjadi daya tarik Pantai Tutong.
Istana Pantai (Mengalela)
philphyl_sultan_palace
Istana Mengalela
Ada yang unik di Pantai Seri Kenangan ini guys.. Kalian akan melihat sebuah istana tua yang terletak di sekitar pantai. Istana ini berbentuk seperti rumah biasa, dibangun sekitar awal tahun 50an. Istana pantai ini bernuansa warna putih, bangunannya masih dibangun menggunakan kayu dan dibatasi dengan pagar jadi tak bisa sembarang orang bisa masuk ke kawasan istana ini. Jika anak backpacker ingin melihat-lihat ke dalam istana, kalian harus meminta izin dulu kepada pengawas setempat, karena pengawasan di sekitar istana ini dijaga dengan ketat. Intinya sih jago – jago ngelobi aja :P
Dahulu bangunan seperti istana ini terdapat banyak di sekitar Pantai Tutong, namun karena zaman semakin modern banyak bangunan tua yang dihancurkan dan diganti dengan bangunan baru. Warga sekitar sempat keberatan dengan penghancuran tersebut karena bangunan lama itu memiliki nilai sejarah yang tinggi. Kini hanya tersisa satu saja Istana Pantai yang ada di pantai ini.
Piknik Pantai
4912898514_22bec14f55
Pantai Seri Kenangan
Waktunya piknik! Anak backpacker yang suka piknik di beberapa bagian pantai ini terdapat tempat yang disulap menjadi tempat piknik dan tempat bermain anak-anak. Tak ada salahnya sempatkan diri kalian piknik bersama teman-teman di halaman pantai sambil melihat pemandangan pantai dan istana dari kejauhan. Tempat piknik ini sengaja dibuat oleh pengelola sekitar untuk membuat pengunjung betah berlama-lama menghabiskan waktu di Pantai Tutong.
Fasilitas
Terdapat fasilitas yang cukup lengkap di pantai ini. fasilitas seperti lapangan golf, toilet, tempat beristirahat dan restoran outdoor dengan berbagai menu yang lezat dan menggugah selera.
Menuju Pantai Tutong
Pantai Tutong terletak sekitar 30 menit dari Gadong. Anak backpacker bisa menumpang taksi dengan ongkos 2 dollar untuk sekali jalan. Tak jauh dari Pantai Tutong, terdapat pantai lainnya yang dapat dikunjungi seperti Pantai Serasa, Pantai Lumut, Pantai Meragang dan Pantai Muara.
TIPS: Jika berkunjung ke Tutong, disarankan jangan pada akhir pekan guys! Karena suasana pantai akan penuh sesak karena banyaknya pengunjung yang datang. Dianjurkan juga untuk anak backpacker memakai suncblock atau tabir surya untuk melindungi kulit kalian dari panasnya sinar matahari, karena cuaca disini panasnya tak beda jauh dengan di Jakarta :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar