Selasa, 25 Februari 2014

Contoh Naskah Pidato ala Dela :p

Ini nih yang lagi cari tugas disuruh buat naskah nya Reporter boleh diambil nih, saya ikhlas :p tapi diedit dulu ya ntar ketahuan gurunya :P....


Pemirsa, walaupun sudah setahun letusan Gunung Merapi berlalu, namun bahaya nya masih tetap  menginta. Apalagi memasuki musim hujan. Sekitar 90juta meter kubik material vulkanik Merapai meluncur menjadi lahar dingin saat musim penghujan datang.
            Saudara kali ini saya berada tepat di depan sungai Pabelan yang terletak di dusunn Pabelan  Magelang Jawa Tengah. Anda dapat melihat dilayar kaca anda mengenai keadaan sungai pabelan setelah ditimpa hujan deras semalaman.


            Akibat hujan tersebut 4 jembatan alternative yang terbuat dari bamboo di sepanjang sungai ini hanyut diterjang banjir lahar dingin. Dalam  pantauan Liputan Tim Global Spenturo, Rabu 2 september kemarin, jembatan penghubung antar kecamatan termasuk jembatan alternative yang menghubungkan Kabupaten Magelang dengan Yogyakarta.
Lahar dingin berupa air dan lumpur itu berasal dari puncak merapi. Kawasan tersebut diguyur hujan sejak, 29 agustus 2013  kemarin.
            Sementara itu, pemirsa warga secara swadaya membuat tanggul penghalang disepanjang tepi sungai dengan bronjong kawat yang diisi batu. Tanggul sementara itu dibangun guna mengantisipasi banjir lahar dingin susulan.
            Menurut sumber yang kami ketahui petugas Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPT) memasang alat sensor curah hujan di sejumlah titik di hulu sungai lereng Gunung Merapi. Alat sensor ini berguna untuk mengukur tingginya curah hujan di sekitar lereng merapi.alat ini juga dilengkapi dengan system deteksi lahar yang berfungsi untuk memberikan laporan adanya getaran akibat aliran lahar dingin.
            Dengan alat tersebut diharapkan peringatan dini pada warga yang tinggal di lereng Gunung Berapi maupun warga yang tinggal di sekitar bantaran sungai yang berhulu di merapi bias segera disampaikan.
Berikut yang dapat kami Laporkan
Dari Tim Global Spenturo Malang
Delavita Salsabila melaporkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar