Rabu, 19 Februari 2014

Lampung! Serambi Pulau Sumatra!

Lampung adalah serambi Pulau Sumatra, yaitu serambi yang membentang dari Anak krakatau hingga Way Kambas yang pastinya akan menjanjikan kepuasan bagi para penikmat keindahan, pencari pengalaman baru dan pencari petualang alam. Lampung adalah sebuah wajah kota yang telah lama tumbuh dan terus berkembang mengikuti perkembangan zaman.
Ibu kota Provinsi Lampung adalah Bandar Lampung  yang berada di muka teluk lampung. Luas wilayah daratan propinsi lampung adalah 35.288,35 KM2(BPS, 2009), sedangkan luas secara keseluruhan yang meliputi pesisir, pulau kecil dan laut menurut UUNo.22/99 adalah 51.991 KM2. Provinsi bandar lampung memiliki 130 buah pulau baik itu pulau besar maupun pulau kecil. Provinsi lampung juga terdiri dari 14 (empat belas) kabupaten/Kota. Provinsi ini berbatasan dengan Provinsi Bengkulu dan Provinsi Sumatera Selatan.
Tempat wisata lampung sangat beragam, terlebih wisata alam karena lampung berada di kawasan pesisir sehingga pemandangan alam sangat mendukung potensi wisata di lampung.
Untuk menunjang para wisatawan untuk menikmati wisata di lampung maka telah disediakan beberapa travel, hotel dan tempat makan yang bisa memberikan fasilitas bagi para wisatawan yang berkunjung di lampung. Selain itu,terdapat pula tempat berbelanja makanan khas lampung yang tersebar di pusat kota Lampung.
Sekilas tentang wisata di Provinsi Lampung yang selalu kita ingat adalah wisata Taman Nasional Way Kambas yang terletak di Kabupaten Lampung Timur yang merupakan icon utama dari Kabupaten Lampung Timur, dimana banyak gajah disana,apalagi ketika kita memasuki Kota Bandar Lampung disana terdapat suatu tugu yang terletak di perempatan Jalan Ahmad Yani, Jalan Radin Intan, Jalan Jendral Sudirman dan Jalan Pangeran Diponegoro yaitu Tugu Adipura dimana tugu tersebut dikelilingi banyak patung gajah yang menjadi penguat ingatan kita bahwa lampung identik dengan gajah, namun tidak demikian karena letaknya yang berada di kawasan pesisir Pulau Sumatera menjadikan Provinsi Lampung memilik banyak wisata baik wisata alam maupun wisata pantai.
Berikut adalah beberapa wisata yang terdapat di Provinsi Lampung:
¨                        Bila menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni dengan menggunakan jasa penyeberangan kapal, kita akan melihat sebuah bangunan megah di atas sebuah bukit, yaitu menara siger, menara ini merupakan landmark dari provinsi Lampung.


Gambar Menara Siger
Di lampung, siger merupakan sebuah bentuk yang melambangkan mahkota keagungan adat budaya dan tingkat kehidupan terhormat. Biasanya mahkota berbentuk siger dikenakan oleh mempelai wanita. Artinya, lambang Lampung ini merupakan simbolisasi sifat feminim.


Menara ini diresmikan pada 30 april 2008, dari tempat wisata ini diketahui penanda titik nol dan jarak-jarak ke wilayah lain baik Sumatera maupun Jawa, misalnya dari lantai II menara ini dapat diketahui bahwa jarak Bakahueni-Jakarta sebetulnya tidak terlalu jauh, hanya 117 km. Menara ini dilengkapi dengan sejumlah informasi tentang wisata di Lampung. Dari menara yang berketinggian 110 meter di atas permukaan laut inilah kita bisa melihat pemandangan pesisir Merak, Banten. Namun, baik Merak maupun Pulau Jawa hanya bisa terlihat jika cuaca sedang cerah.
Gambar Pulau Jawa yang dilihat dari menara siger
Selain wisata alam, lampung juga terkenal dengan wisata pantainya. Banyak sekali tempat yang yang bisa dikunjungi untuk sekedar melepas lelah atau berekreasi bersama keluarga. Untuk menikamti semilir angin pantai serta hamparan nan putih pun tidak perlu jauh-jauh ke luar kota. Cukup menyusuri sepanjang pantai Telukbetung Selatan yang hanya berjarak 20 km dari Bandar Lampung. Sepanjang jalur ini, terdapat pula pantai-pantai yang tak kalah eksotiknya. Masing-masing pantai menawarkan panorama keindahan pantai teluk Lampung mulai dari Pantai Puri Gading, Pantai Duta Wisata, Pantai Tirtayasa, Queen Artha Beach samapai pantai Mutun, pengunjung tinggal memilih pantai yang akan dikunjungi. Selain itu pantai-pantai ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas sehingga membuat pengunjung bisa betah berlama-lama duduk atau berenang untuk menikmati deburan ombak.
Pantai Puri Gading menyajikan suasana dermaga teluk Lampung serta terdapat pemandian air panas yang menyenangkan. Tersedia juga perahu bagi pengunjung yang suka memancing. Pantai Duta wisata menawarkan konsep rekreasi bersama keluarga. Ditempat ini terdapat cottage, serta taman bermain untuk anak-anak. Pantai Tirtayasa banyak menyediakan hotel mini sehingga pengunjung bisa beristitahat sejenak. Untuk menikmati pasir putih teluk lampung, Queen Artha Beach merupakan pantai yang tepat untuk dikunjungi. Untuk menikmati wahana air Pantai Mutun dan Mutun tembakil merupakan pantai yang tepat untuk dikunjungi.
Gambar Keindahan Pantai Mutun
Untuk menuju Mutun tembakil maka dapat menggunakan perahu untuk menyeberang:
Selain wisata alam dan wisata laut, Provinsi Lampung juga menawarkan wisata bahari, yaitu di Teluk Kiluan (dalam bahasa jawa Kiluan mempunyai arti permintaan). Disana pengunjung akan mendapatkan banyak pengalaman yang tidak terlupakan.









Tempat ini berada di kawasan Teluk Semangka, yang sebagian besar masuk ke dalam wilayah Kabupaten Tanggamus. Daerah ini di dominasi oleh pesisir pantai hingga perbukitan.
Di teluk ini,disediakan cottage untuk menginap sehingga dapat digunakan pengunjung untuk beristirahat. Selain itu juga terdapat dolphin tour yaitu di teluk ini dapat dengan mudah menjumpai ribuan lumba-lumba. Dimana para wisatawan dapat melihat atraksi dari lumba-lumba tersebut. Yang secara tiba-tiba muncul ke permukaaan laut.
Selain dolphin tour wisata alam lain yang terdapat di Teluk Kiluan adalah surfing, tracking. Selain itu pengunjung dapat pula melakukan diving dan snorkling sehingga pengunjung dapat menikmati pemandangan alam bawah laut yang masih alami, berburu terumbu karang dan melihat berbagai ikan hias yang indah sehingga pilihan untuk diving dan snorkling adalah pilihan yang tepat.

















Penjelas diatas adalah beberapa tentang keindahan wisata di Provinsi Lampung yang memilik eksotika yang lebih indah jika di bandingkan dengan Pantai lain di Indonesia yang sudah ramai. Kebanyakan wisata di lampung masih bersih dan belum terjamah sehingga keindahannya masih asli. Namun akses untuk menuju tempat wisata tersebut kurang memadai hal ini menjai hal yang perlu diperhatikan oleh pemerintah provinsi lampung untuk lebih memperhatikan kondisi sarana prasarana sehingga pengunjung dapat mengakses tempat wisata dengan mudah.
Untuk itu wisata di Provinsi lampung dapat juga dijadikan pertimbangan kunjungan berwisata bagi pengunjung yang ingin melepas lelah dan berefresing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar